by

ChatAja, Aplikasi pesan instan produk Indonesia

ChatAja — Di aplikasi pesan instan ChatAja yang dibuat oleh anak Indonesia, tidak hanya dapat berkirim pesan, tapi pengguna juga bisa berkonsultasi via chat serta melakukan video meeting melalui laman UMeetMe.

Aplikasi pesan instan berbasis Cloud bernama ChatAja merupakan aplikasi buatan anak bangsa. Aplikasi ini dibuat oleh Reza Akhmad Gandara yang memiliki visi membuat aplikasi pesan yang tidak memakan banyak ruang. Reza mengembangkan aplikasinya ini, dengan sistem penyimpanan cloud, sehingga aplikasi ini tidak menggunakan banyak ruang di memori pengguna.

Ketika Saya pertama kali mencoba aplikasi ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun dengan nomor telepon. Setelah itu Saya dikirimkan kode OTP untuk dimasukkan pada langkah selanjutnya, baru Saya bisa mengisi profil. Tampilan ChatAja hampir mirip dengan aplikasi pesan instan yang digunakan lebih dari sejuta umat, yakni WhatsApp. Namun bedanya, ChatAja tidak memiliki fitur Status. Sebagai gantinya, aplikasi ini memiliki menu bar Jelajah yang tidak dimiliki Whatsapp. Selain Jelajah, ada dua menu bar lainnya yakni Pesan dan Kontak.

Seperti yang kita temui di Whatsapp, menu bar Pesan di ChatAja berisi kumpulan chat yang kita lakukan. Sementara di menu Kontak, berisi kontak ChatAja yang Anda miliki. Di menu ini Anda bisa menambahkan kontak dengan mengisi nomor telepon dan nama. Nah, bar yang ketiga inilah yang tidak ada di Whatsapp yakni Jelajah. Jelajah ini berisi akun-akun resmi dan kanal yang dapat kita hubungi. Akunnya beragam, yang paling baru adalah tab Kesehatan yang mengategorikan akun terkait kesehatan dan Covid-19.

Jika Whatsapp didominasi dengan warna hijau dan putih, kalau ChatAja mengusung warna merah dan putih. Mungkin tujuannya ingin menunjukkan nasionalitas negeri karena aplikasi buatan orang Indonesia. Menurut Saya, desain keseluruhannya sangat sederhana sehingga mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Fitur-fitur dan tombolnya juga diletakkan di tempat yang sangat familiar sehingga mudah diakses dan dijangkau. Hanya saja, Saya merasa butuh waktu untuk tersambung dengan server. (tek.id)

News Feed