by

Teh Putih, Teh Termahal di Dunia dari Indonesia

Teh Putih — Meski teh terkenal dengan varian minuman yang harganya murah, ternyata ada teh yang harganya termahal di dunia yaitu Teh putih yang berasal dari Indonesia.

Dilansir TribunTravel dari laman mongabay.co.id, Teh putih berasal dari zaman Dinasti Song pada tahun 1279 hingga 690 sebelum masehi.

Awalnya teh putih hanya dikonsumsi oleh Kaisar dan keluarganya atau pejabat kerajaan, dan hanya diproduksi secara terbatas.

Dilansir TribunTravel dari laman mongabay.co.id, Teh putih berasal dari zaman Dinasti Song pada tahun 1279 hingga 690 sebelum masehi.

Awalnya teh putih hanya dikonsumsi oleh Kaisar dan keluarganya atau pejabat kerajaan, dan hanya diproduksi secara terbatas.

Proses yang minimal dan oksidasi rendah ini menghasilkan teh dengan citarasa yang lembut.

Memang tidak semua orang mengkonsumsi teh putih ini.

Selain ketidaktahuan tentang si teh putih ini, tentu saja karena harganya yang cukup mahal.

Minimalisasi proses membuat teh putih kaya akan kandungan fluoride dan flavonoid yang termasuk di dalamnya catechins dan polifenol.

Ini yang membuat teh putih kaya akan antioksidan yang berfungsi melindungi kesehatan dari radikal bebas.

Menurut Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Kementerian Pertanian, anti oksidan yang dikandung teh putih 100 kali lebih banyak dari vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E, sehingga sangat baik untuk mencegah penuaan dini.

Kandungan anti oksidannya juga bisa mencegah penuaan dini, serta membantu memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih sehat.

Selain itu, teh putih juga mampu mencegah kanker, mengontrol diabetes, serta melangsingkan tubuh.

Studi menyebutkan bahwa asupan teh putih rutin setiap hari dapat mencegah adipogenesis, yaitu pembentukan sel lemak, sehingga dapat menegah obesitas.

Manfaat teh putih tidak hanya bisa dirasakan dengan cara diminum, tapi juga dioleskan di permukaan kulit.

Dengan cara ini, teh putih bisa memperkuat sel kulit sekaligus melindunginya dari sengatan sinar ultraviolet yang berbahaya.

Flavonoid yang dikandung oleh teh putih, baik untuk jantung dan membantu memperlebar pembuluh darah arteri.

Selain itu, teh putih juga mampu mengencerkan darah, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan kolesterol.

Teh putih juga dapat memerangi kuman, mencegah infeksi, bahkan mampu menghancurkan organisme penyebab penyakit.

Teh putih mengandung fluoride, tanin, dan flavonoid.

Kandungan substansi alami fluoride pada teh jenis ini mencapai 34 persen, sehingga membuat teh putih efektif untuk mengurangi karies gigi yang biasanya muncul karena pengaruh sisa-sisa makanan dan bakteri.

Dengan banyaknya khasiat ini maka wajarlah Teh Putih termahal di dunia.

News Feed