by

Filosofi Kopi dalam Kehidupan

Pahit-manis pada kopi ibarat getir dan indahnya hidup

Jika disyukuri, perpaduan rasa keduanya malah terasa nikmat.

Kopi butuh rasa pahit agar rasanya tambah enak. Jika terlalu manis, intisari kopi malah berkurang. Paduan rasa manis dan pahit pada kopi akan membuat kopi semakin nikmat untuk diserap. Sama dengan hidup, ada hal pahit yang terasa begitu getir dan manis yang membuat hidupmu jadi lebih berwarna dan indah.

Jika dipadukan, kedua rasa tersebut adalah kombinasi terbaik untuk membuat hidupmu semakin bermakna. Butuh sedikit rasa pahit agar kamu tahu kalau hidup ini tak selalu indah, namun dibalik rasa pahit tersebut, terselip hal baik yang terasa begitu manis.

Menikmati segelas kopi tak boleh terburu-buru, hirup aromanya dan teguk perlahan

Begitu juga dengan hidup, nikmati saja setiap proses dengan benar. Untuk merasakan kopi dengan benar, kamu tak boleh meminumnya dengan terburu-buru. Pertama, hirup aromanya yang begitu wangi, lalu teguk sedikit demi sedikit. Dengan begitu, kamu bisa menikmati kopi tersebut mulai dari sisi pahit lalu kemudian manisnya.

Begitu juga dengan jalan hidupmu, cukup nikmati saja setiap prosesnya. Walau berat atau terkadang ringan, jalani saja dengan benar. Proses yang kamu jalani lebih penting daripada sekedar hasil akhir, sebab itu nikmati setiap hal yang kamu rasakan sekarang.

News Feed