by

Ridwan Kamil: Jabar Krisis Pangan 2021

PERDANANEWS CIREBONRidwan Kamil: Jabar Krisis Pangan 2021, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan prediksi yang diperkirakan bakal terjadi di Jawa barat pada 2021. Dia memprakirakan, Jawa Barat akan mengaalami krisis pangan pada 2021.

“Ada potensi krisis pangan di tahun depan maka semua pihak harus bersemangat menjadikan pangan sebagai ekonomi baru,” kata Ridwan Kamil usai acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 Provinsi Jawa Barat yang digelar Savoy Homann, Bandung, Kamis (3/12/2020).

Prediksi mengenai ancaman krisis pangan ini disebabkan adanya kabar sejumlah negara akan menghentikan ekspor pangan ke Indonesia. Dia mengatakan, prediksi krisis pangan tersebut terjadi jika beberapa negara pengekspor karbohidrat menghentikan kegiatan ekspor pangannya ke Indonesia.

“Krisis pangan mayoritas kita prediksi di karbohidrat ya. Jadi isu beras mungkin itu yang paling utama. Itu dengan asumsi jika negara-negara yang biasa mengekspor beras seperti Vietnam, Thailand itu di semester II menyetok (pangan) untuk kepentingan dalam negerinya,” ungkap Emil.

Karenanya, Emil mengatakan, isu tersebut harus diwaspadai bersama. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya akan menggelar semacam pameran virtual atau West  Java Summit di bidang pertanian dan pangan. Acara ini setidaknya akan dihadiri 20 perusahaan pembeli produk pertanian.  Ridwan Kamil: Jabar Krisis Pangan 2021,

“Untuk mengantisipasi itu, kami menyiapkan 20 perusahaan pembeli untuk memastikan tidak ada lagi orang bingung menanam apa, menjual kemana, sehingga terjadi produksi yang dibuang atau apa karena ketidaksinkronan sistem,” katanya.  

Selain akan membeli produk para petani, perwakilan 20 perusahaan itu akan menjadi mentor. Tugas mereka memberikan saran produk yang sebaiknya ditanam demi menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Teknik penanaman pun akan menerapkan teknologi 4.0.  

News Feed