by

Jack Ma Pendiri Alibaba.com

PERDANANEWS CIREBON Jack Ma Pendiri Alibaba.com, Kisah perjalanan hidup seorang Jack Ma from zero to hero sepertinya layak disematkan padanya. Ia ditasbihkan menjadi salah satu orang terkaya di negara tirai bambu yaitu china.

Jack Ma lahir dari keluarga miskin di daerah Hangzhou China bagian Timur. Kehidupan Jack Ma terbilang sangat sederhana dan banyak permasalahan yang harus ia hadapi.

Jack Ma remaja sering ditolak di setiap sekolah dimana ia ingin belajar dikarenakan nilai matematikanya yang kurang. Ia senang dengan bahasa Inggris, untuk hobinya ini ia rela menempuh jarak puluhan kilometer untuk menguasai bahasa Inggris. Untuk melancarkan bahasa inggris Jack Ma sering bergaul dengan para turis-turis mancanegara. Dengan kesenangannya inilah ia benar-benar mengubah cara pandangnya berpikirnya mengenai kehidupan.

Untuk mengejar cita-citanya sebagai seorang guru Jack Ma memulai karirnya dengan menjadi seorang tenaga pengajar bahasa Inggris di Institut Elektronika dan Teknik (sekarang Universitas Hangzhou Dianzi).

Namun sebelum menjadi guru, dalam pengalaman hidupnya ia pernah puluhan kali mendaftar pekerjaan namun selalu ditolaknya. Ia juga pernah mendaftar menjadi karyawan di sebuah rumah makan siap saji ternama yakni KFC, dari 24 orang yang mendaftar 23 yang diterima, ia satu-satunya yang tidak diterima. Tapi itulah Jack Ma yang tidak pernah menyerah dalam mengejar cita-citanya.

Untuk mengejar cita-citanya menguasai dan melancarkan bahasa Inggrisnya tersebut Ma berusaha membeli sebuah komputer untuk dapat berselancar di dunia internet. Dalam pengalaman pertamanya berselancar di dunia maya itu Ma terkejut ketika tidak ada bir China yang muncul dalam pencarian online pertamanya untuk kata “bir” dan ‘China’.

Berbekal rasa penasarannya itu, dia lantas menciptakan laman website untuk jasa terjemahan bahasa China dengan seorang teman. Hanya dalam beberapa jam saja, dia menerima banyak surat elektronik (email) yang cukup membantunya membangun situs tersebut.

News Feed