by

Filosofi Tari Topeng Cirebon yang Mendunia

PERDANANEWS CIREBONFilosofi Tari Topeng Cirebon yang Mendunia, Cirebon daerah yang terletak di sebelah timur dari Propinsi Jawa Barat yang telah berusia 625 tahun ini sudah sangat dikenal dari sejak abad ke 15.

Cirebon tidak hanya dikenal sebagi kota wali saja, tapi Cirebon dikenal juga dengan berbagai kuliner yang khas serta keseniannya salah satunya tari topeng.

Kesenian tari topeng Cirebon sudah sangat dikenal tidak hanya di tanah air tapi sudah melanglang buana ke mancanegara. Tari topeng menjadi salah satu kesenian khas Cirebon yang populer dan telah dikenal luas bahkan mendunia.

Dalam berbagai kesempatan, tari topeng kerap dipertunjukkan. Kesenian ini banyak menarik minat warga mancanegara untuk mempelajarinya.

Dari kesenia ini telah lahir nama-nama besar sebagai penari (dalang), di antaranya Mimi Rasinah, Ki Sujana Arja, Ki Kartam, Ki Panggah, Dasih, Ki Carpan, Mimi Sawitri, dan lainnya.

Dalam sejarahnya Tari Topeng Cirebon berawal di kalangan keraton Cirebon sekitar abad ke-15 seperti yang diceritakan dalam buku berjudul Menusa Cerbon (Manusia Cirebon), karya dari pemerhati budaya Cirebon, Nurdin M. Noer (Alm).

News Feed