by

PKS Anjurkan Simpatisan Vaksinasi Covid-19

BAYAN
DEWAN SYARIAT PUSAT PARTAI KEADILAN SEJAHTERA NOMOR: 05/B/DSP-PKS/1442 H TENTANG
ANJURAN MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19

Wabah Covid-19 sudah berlangsung setahun. Menurut data Satgas Covid-19 pertanggal 13 Januari 2021, terdapat 858.043 orang di Indonesia yang terpapar virus Corona dan 24.951 orang meninggal dunia.

Para ahli sepakat bahwa menekan penyebaran virus ini sulit dilakukan kecuali dengan terbentuknya imunitas kolektif sehingga kehidupan kembali normal dan itu bisa dilakukan dengan vaksinasi Covid-19. Untuk itu, Dewan Syariah Pusat Partai Keadilan Sejahtera memandang perlu untuk memberikan bayan tentang anjuran melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai berikut.

A. Keharusan Menjaga Diri dari Penularan Wabah

Ada beberapa hal dalam syariat Islam yang harus diperhatikan dalam rangka menjaga diri dari wabah dan penyakit menular, yaitu sebagai berikut:

Islam memerintahkan agar kita serius melakukan pencegahan dan pengobatan dari penyakit. Ikhtiar merupakan cara mengikuti sunah Nabi (ittiba), termasuk dalam konsep tawakal, dan menunjukkan kesempurnaan iman (Ibn Rajab. 1997. 1/437). Ikhtiar bukan saja tidak bertentangan dengan tawakal, tetapi merupakan syarat sah tawakal itu sendiri (Al-Qardawi. 1996. 10).

Islam memerintahkan agar kita menjaga diri dari penyakit menular dan virus yang mewabah. Rasulullah saw. bersabda, “Berlarilah dari penderita lepra (al- majdzum) seperti engkau melarikan diri dari singa (Bukhari, 5/5380). “Jika engkau mendengar wabah (at-tha’un) sedang melanda suatu tempat, janganlah memasuki tempat itu.” (Al-Bukhari, 5/5396). Menurut Al-Qarafi, segala upaya untuk melindungi diri dari hal-hal yang mendatangkan kerusakan (mafsadah) hukumnya adalah wajib (Al-Qarafi. 1998. 4/401).

Maka, disiplin dengan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan merupakan perkara yang Islam memerintahkan agar kita tidak menjadi sebab terjadinya penularan wabah sehingga orang yang potensial menularkan wabah harus melakukan isolasi diri. Rasulullah bersabda, “Jika wabah itu sedang melanda suatu tempat dan engkau sedang berada di sana, janganlah keluar darinya.” (Bukhari, 5/5396).

Maka, orang yang merasakan adanya gejala tertular oleh Covid-19, dia harus memeriksakan kesehatannya, lalu melakukan isolasi, dan dilakukan penanganan medis. Jika dia tidak melakukannya sehingga menimbulkan kemudaratan (dharar) bagi orang lain, maka dia berdosa.

News Feed