by

Raih Kemuliaan Hari Jum’at

PERDANANEWS CIREBON — Hari Jumat adalah hari yang mulia, dengannya Allah mengagungkan dan menghiasi Islam. Allah memuliakan umat Muhammad shallallahu ‘alahi wasallam dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi terdahulu. Mari raih kemuliaan hari Jum’at untuk meraup sebanyak-banyaknya pahala.

Membaca Surah Al Kahfi
“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at” (HR.Hakim)

Dalam lafazh lainnya dikatakan,
“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Mekkah).” (HR.Ad Darimi)

Perbanyak Shalawat
“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1673.)

Perbanyak Doa
“Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut. (HR.Bukhari & Muslim)

Perbanyak Sedekah
Bahwa sedekah di hari jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari yang lain. Sedekah di hari jumat, dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di selain ramadhan. (Zaadul Ma’ad 1/407)

Semoga kita dapat raih kemuliaan hari jum’at dengan amalan-amalan tersebut diatas.

News Feed