by

Rakyat Bisa Ajukan Gugatan Hukum Jika Jalan Rusak, Ini Caranya

PERDANANEWS CIREBON — Rakyat Bisa Ajukan Gugatan hukum jika jalan Rusak, Dalam kasus terjadinya kecelakaan yang diakibatkan kondisi jalanan rusak, ketiadaan rambu-rambu atas kerusakan dan belum dilakukan perbaikannya. Maka masyarakat bisa melakukan gugatan hukum kepada pemerintah setempat. Karena pemerintah dianggap telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum (PMH).

Dalam musim penghujan seperti saat ini sering sekali kita jumpai jalanan mengalami kerusakan-kerusakan dan tidak sedikit kerusakan tersebut memerlukan waktu lama untuk memperbaikinya sehingga seringkali menimbulkan kecelakaan lalu lintas yang bahkan hingga merenggut korban jiwa.

Sering masyarakat memiliki inisiatif untuk menambal jalan yang rusak tersebut dengan material seadanya, hal ini justru memperparah kondisi jalan tersebut.

Berkaitan dengan kejadian tersebut diatas, Rakyat Bisa Ajukan Gugatan pada pemerintah setempat pada jalur hukum. Contohnya dalam Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan juga terdapat ancaman pidana bagi setiap penyelenggara jalan yang tidak dengan segera dan patut memperbaiki jalan yang rusak yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Langkah Apabila Jalan Rusak Mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas
Pemerhati transportasi, Djoko Setijowarno, dalam artikel Sanksi Hukum Bagi Pemerintah Bila Membiarkan Jalan Rusak, menjelaskan bahwa:

News Feed