by

Virus Nipah Ancaman Baru Indonesia setelah Covid-19

PERDANANEWS CIREBON — Virus Nipah kini menjadi ancaman baru bagi Indonesia setelah Covid-19, yang hingga kini pemerintah belum bisa dikendalikan penyebarannya.

Penyebaran Covid-19 di Indonesia hingga saat ini belum menampakkan tanda-tanda akan berakhirnya bahkan korbannyapun telah menembus angka 1 juta orang pasien. Kini timbul lagi virus baru yang diberi nama Virus Nipah yang menjadi ancaman baru bagi Indonesia.

Virus ini pertama kali merebak di Malaysia 1998 silam, di Kampung Sungai Nipah.

Virus ini berasal dari kelelawar seperti SARS-CoV-2 dan dalam 20 tahun terakhir telah mewabah di Malaysia, Singapura, India, dan Australia Utara. Virus Nipah memiliki tingkat kematian 40% hingga 75% dan sampai kini belum ada vaksinnya.

Virus Nipah ini memiliki tingkat kematian yang tinggi. Ahli virus dari Thailand mengkhawatirkan virus nipah ini akan menjadi ancaman baru di Asia dan Indonesia.

Untuk itu Kementerian Kesehatan RI harus lebih waspada terhadap ancaman ini jangan sampai menjadi pandemi baru di Indonesia. Kita jangan lengah atas hal ini seperti saat merebaknya Covid-19 di awal tahun 2020.

“Indonesia harus selalu waspada terhadap potensi penularan virus nipah dari hewan ternak babi di Malaysia melalui kelelawar pemakan buah,” jelas Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Didik Budijanto.

News Feed