by

Info Kesehatan Sariawan Gejala Baru Covid-19?

PERDANANEWS CIREBON — Kabar terkait info kesehatan bahwa sariawan merupakan salah satu Gejala Baru Covid-19. Bagaimana membedakannya dengan penderita sariawan biasa? Banyak orang bertanya hal ini. Berikut penjelasannya :

Pertama, sariawan itu memang salah satu gejala Covid-19. Tapi, gejala ini ditemukan pada sedikit pasien saja. Sekitar 6-7 persen, secara umum gejala Covid-19 pada mulut itu sebanyak 20-25 persen.

Lalu, bagaimana cara membedakan sariawan biasa dengan Covid-19? Yang jelas, kita jangan langsung menduga jika sariawan itu pasti Covid-19.

Kita bisa menduga bahwa itu Covid-19 kalau sariawannya disertai dengan demam tinggi, batuk kering, diare, kehilangan penciuman dan konjungtivitis.

Kalau cuma sariawan yang dikeluhkan, kemungkinannya banyak banget. Pasien Lupus pun sering sariawan. Demikian pula orang yang terlalu lama minum antibiotik, orang dengan HIV/AIDS, tergigit saat makan, kekurangan vitamin C dan penyebab sariawan lainnya.

Pertanyaan lanjutan. Sebenarnya apa gejala Covid-19 yang paling kerap muncul dan paling serius?

Yang paling sering muncul adalah gejala demam yang panasnya lebih dari 37,5 derajat. Yang kedua adalah batuk kering. Kemudian yang ketiga adalah rasa lelah yang tak berkesudahan. Info Kesehatan Sariawan

Dus, gejala serius yang paling sering ditemui adalah gejala sesak napas, rasa nyeri dada, rasa tertekan di dada, enggak bisa bicara, bangun dari tidur susah atau bahkan duduk saja sukar.

News Feed