by

Tes Saliva Pengganti Swab, Akurasi 94 Persen Deteksi Covid-19

PERDANANEWS CIREBONTes Saliva Pengganti Swab, Akurasi 94 Persen Deteksi Covid-19 , Pemerintah berencana mengganti tes swab dengan metode saliva direct test untuk mendeteksi virus corona. Apa itu saliva, bagaimana cara kerja serta efektivitasnya, dan apakah bisa menjadi standar penegakan diagnosis Covid-19 di Indonesia?

Tes saliva atau tes air liur adalah tindakan medis tanpa memasukkan alat ke dalam rongga tubuh manusia. Istilah kerennya disebut non-Invasive.

Tes saliva pengganti tes swab ini hanya membutuhkan sedikit sampel air liur. Amat berbeda dibanding dengan swab nasofaring (NP). Metode NP itu membutuhkan Q-tip panjang yang dimasukkan ke dalam lubang hidung lalu diputar.

Q-tip adalah sebutan untuk “cotton bud”. Kata itu umum dipakai dalam pembicaraan orang Amerika.

Karena cuma butuh sedikit sampel air liur, maka itu berefek pada kebutuhan waktu tesnya. Amat cepat. Bisa kurang dari satu menit. Seseorang pada dasarnya hanya meludah ke dalam wadah kecil saja untuk memberi sampel.

Perlu juga diketahui. Dalam penegakan diagnosis Covid-19 lewat tes PCR, setelah sampel lendir dikumpulkan, RNA virusnya harus diekstraksi sebelum dapat dideteksi. Beda dengan tes saliva.

News Feed