by

Cara Daftar KIP Kuliah 2021 Online, Mudah!

PERDANANEWS CIREBON — Cara Daftar KIP Kuliah Online 2021, Mudah!, Pemerintah menyalurkan dana melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Program ini dibuat untuk membantu anak di Indonesia yang kurang mampu mendapatkan pendidikan dan memiliki prestasi dari tingkat SD hingga kuliah perguruan tinggi.

Bantuan PIP diberikan langsung berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar bagi siswa dan mahasiswa yang kurang mampu di seluruh Indonesia dalam hal membayar uang pendidikan. Bantuan KIP Kuliah yang diberikan pada mahasiswa berupa pembebasan uang kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup setiap bulannya.

Untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah dari pemerintah dibutuhkan persyaratan dan pendaftaran yang harus dilakukan.

Berikut ini rangkumannya yang dikutip melalui kip-kuliah.kemendikbud.go.id :

Syarat Penerima Bantuan KIP Kuliah

Setiap siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi memiliki keterbatasan biaya atau kurang mampu maka berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah. inilah persayaratan yang harus dipenuhi:

  1. Penerima KIP Kuliah merupakan siswa SMA, SMK atau sederajat yang sudah dinyatakan lulus oleh pihak sekolah dengan maksimal kelulusan 2 tahun sebelumnya.
  2. Setiap siswa yang ingin mendaftar memiliki potensi akademik baik, namun keterbatasan ekonomi dengan pembuktian dokumen secara benar.
  3. Diterima pada perguruan tinggi negeri atau swasta dengan akreditasi prodi A atau B.
  4. Keterbatasan ekonomi keluarga dibuktikan dengan memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau bisa juga menjadi peserta Program Keluarga Harapan (PKH), memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  5. Bagi keluarga yang tidak memiliki KIP atau KKS tetap bisa mendaftar dengan syarat pendapatan kotor gabungan orang tua sebesar Rp. 4.000.000 atau pendapatan kotor gabungan orang tua dibagi oleh jumlah anggota keluarga dengan maksimal sebesar Rp. 750.000.

News Feed