by

Krisis Iklim itu Nyata Bukan Hoax, Greenpeace Indonesia

PERDANANEWS CIREBON — Krisis Iklim itu Nyata, Greenpeace Indonesia, Masih aja ada yang bilang #KrisisIklim itu hoax, padahal tanda-tandanya sudah tampak nyata di depan mata kita lho. Yuk, kita kenali apa aja sih tanda-tandanya?

Bencana alam

Sejak awal 2021 Indonesia sudah dilanda berbagai bencana. Terhitung hingga akhir Januari 2021 saja sudah ada 185 bencana alam yang didominasi banjir dan longsor.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 7 dari 10 bencana di Indonesia seperti banjir, longsor, kekeringan, kebakaran hutan, dan cuaca ekstrim, erat kaitannya dengan krisis iklim.

Anomali cuaca

Pada waktu dulu di bulan-bulan yang berakhiran -ber biasanya merupakan musim hujan. Namun sekarang, sudah kini tak bisa diprediksi lagi karena terjadi pergeseran musim. Curah hujan yang tinggi selama berhari-hari dan kekeringan yang ekstrim dapat terjadi dalam waktu yang berdekatan.

Krisis air bersih di Indonesia

Pada 2019, ratusan warga 59 desa di Gresik mengalami krisis air. Warga-warga ini terpaksa harus membeli air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) wilayah setempat. Tak hanya di Gresik, krisis air bersih terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

News Feed