by

Indonesia Juara Belanja Online Padahal Internet Lemot

PERDANANEWS CIREBON — Indonesia Juara Belanja Online, Riset yang dilakukan oleh perusahaan marketing We Are Social yang diberi judul Digital 2021 menempatkan kurang lebih 87 persen netizen dari Indonesia melakukan transaksi belanja online.

Posisi selanjutnya ditempati oleh Inggris 85.5 persen, Thailand 83.6 persen, Malaysia 82.9 persen dan Jerman 81.6 persen.

Namun laporan tersebut tidak sebanding dengan pendapatan e-commerce Indonesia yang hanya sebesar 3.08 Triliun di tahun 2020 kemarin.

Meskipun riset ini menempatkan Indonesia juara belanja online berada diposisi teratas namun laporan tersebut menegaskan bahwa Indonesia termasuk salah salah satu negara yang memiliki jaringan akses internet terlemot atau lambat di dunia. Indonesia menduduki rangking ke 44 dari 46 negara yang disurvei oleh lembaga ini.

Berdasarkan hasil pengetesab Ookla, kecepatan internet Indonesia hanya mencapai 17.26 Mbps sedangkan rerata kecepatan internet di dunia sebesar 42,70Mbps tidak mencapai setengahnya.

Disamping itu dalam laporan tersebut Indonesia termasuk dalam pengguna aplikasi transportasi online tertinggi di dunia sebanyak 65.3 persen disusul Brasil 54,1 persen, Singapura 51 persen Meksiko 49,5 persen dan Malaysia sebesar 49,1 persen.

Didalam survey yang dilakukan oleh InMobil dengan judul “Marketing in The Era of Mobile” selama pandemi Covid-19 ini penggunaan belanja online yang dilakukan para warganet di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat tajam.

Selain e-commerce, sektor usaha yang mengalami peningkatan selama pandemi adalah belanja bahan makanan, antar kirim makanan dan game online.

News Feed