by

Varian Baru Covid-19 B117 Berbahayakah Ini Penjelasannya!

PERDANANEWS CIREBON — Varian Baru Covid-19 B117 Berbahayakah?, Kemenkes telah menemukan jenis varian atau mutan baru dari Covid-19 yaitu B117 untuk pertama kalinya di Karawang Jawa Barat.

Pakar Penyakit Dalam FKUI-RSCM dan penemu virus HIV di Indonesia, Prof. Zubairi Djoerban memaparkan secara rinci tentang varian baru Covid-19 B117 ini. Berikut penjelasannya.

Varian baru Covid-19 B117 ini menyebabkan shedding virus lebih intens. Artinya produksi jumlah virusnya jauh lebih banyak di saluran napas.

Jadi, istilah buat B.1.1.7 itu sebagai super spreader tidak tepat. Lebih tepatnya super shedder, karena virus itu bisa lebih menularkan ke banyak orang.

Apakah B.1.1.7 ini amat berbahaya karena lebih menular dan bisa membebani kapasitas rumah sakit?

Iya. Bisa jadi jumlah kasus harian kita bertambah lagi dan rumah sakit juga terkena imbasnya jika kasus varian ini dominan. Tapi tidak benar juga jika akan menyebabkan kematian yang lebih banyak.

Apakah saya ada gambaran seberapa cepat orang akan terpapar B.1.1.7?

Yang jelas, virus ini berkembang biak lebih banyak saat numpang hidup di saluran napas manusia. Sehingga, virus ini muncul dengan jumlah lebih banyak juga. Hal itu yang menyebabkan penularannya lebih cepat.

News Feed